Tutorial: Surat Keterangan Perjanjian Damai Kecelakaan Lalu Lintas Doc

Pengertian Surat Keterangan Perjanjian Damai Kecelakaan Lalu Lintas Doc



Surat Keterangan Perjanjian Damai Kecelakaan Lalu Lintas Doc atau yang biasa disingkat SKPDKB adalah sebuah surat kesepakatan antara dua pihak yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. SKPDKB ini dibuat dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah secara damai dan menghindari proses hukum yang panjang.


Manfaat SKPDKB



Manfaat SKPDKB sangat banyak, salah satunya adalah menghindari proses hukum yang panjang dan biaya yang mahal. Selain itu, SKPDKB juga dapat digunakan sebagai bukti kesepakatan jika terdapat pihak yang ingkar janji pada masa yang akan datang.


Cara Membuat SKPDKB



Untuk membuat SKPDKB, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, kedua belah pihak harus sepakat untuk menyelesaikan masalah secara damai. Kemudian, buatlah kesepakatan yang diinginkan oleh kedua belah pihak. Setelah itu, buatlah surat kesepakatan yang berisi tentang kesepakatan tersebut.


Isi SKPDKB



Isi SKPDKB haruslah jelas dan terperinci. SKPDKB harus mencantumkan identitas kedua belah pihak, tanggal terjadinya kecelakaan, kronologis kecelakaan yang terjadi, serta kesepakatan yang telah dibuat oleh kedua belah pihak.


Contoh Isi SKPDKB



Berikut ini adalah contoh isi SKPDKB:

Kepada Yth.


Nama: A


Alamat: B


No. Telp: C


Selaku pemilik kendaraan bermotor nomor polisi D


Dengan ini menyatakan bahwa pada tanggal 1 Januari 2023, terjadi kecelakaan lalu lintas antara kendaraan yang saya kendarai dengan kendaraan yang dikendarai oleh E pada jalan F.


Kami sepakat untuk menyelesaikan masalah ini secara damai tanpa melalui proses hukum. Berikut adalah kesepakatan yang telah kami buat:



  1. Pihak saya mengakui kesalahan dalam kecelakaan ini.

  2. Pihak E akan membayar biaya perbaikan kendaraan saya sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah).

  3. Pihak E tidak akan menuntut saya secara hukum atas kecelakaan ini.


Demikianlah surat perjanjian damai ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.



Penutup



SKPDKB sangat penting untuk menghindari proses hukum yang panjang dan biaya yang mahal. Oleh karena itu, jika terjadi kecelakaan lalu lintas, sebaiknya mencoba untuk menyelesaikan masalah secara damai dengan membuat SKPDKB.