Tutorial: Surat Permohonan Evaluasi Kinerja

Pengenalan



Surat permohonan evaluasi kinerja adalah surat yang dibuat oleh karyawan kepada atasan atau pimpinan perusahaan untuk meminta evaluasi kinerjanya dalam periode tertentu. Surat ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan karyawan dalam bekerja serta sebagai bahan evaluasi kinerja yang akan digunakan oleh perusahaan.


Persiapan



Sebelum membuat surat permohonan evaluasi kinerja, pastikan Anda sudah menyiapkan data yang diperlukan seperti target kerja yang telah dicapai, kegiatan yang dilakukan dalam periode tersebut, dan pencapaian yang dihasilkan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun surat permohonan evaluasi kinerja.


Struktur Surat



Surat permohonan evaluasi kinerja terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:
1. Pembukaan, yaitu menyampaikan maksud dan tujuan surat.
2. Identitas karyawan, yaitu menyebutkan nama, jabatan, dan departemen karyawan.
3. Periode evaluasi kinerja, yaitu menyebutkan periode yang dievaluasi.
4. Prestasi yang telah dicapai, yaitu mencantumkan target kerja yang telah dicapai dan pencapaian yang dihasilkan.
5. Kelemahan yang perlu diperbaiki, yaitu mengakui kekurangan dalam bekerja dan berkomitmen untuk memperbaikinya.
6. Permohonan evaluasi kinerja, yaitu meminta pimpinan perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawan dalam periode tersebut.
7. Penutup, yaitu ucapan terima kasih dan harapan untuk mendapatkan evaluasi kinerja yang bermanfaat.


Contoh Surat Permohonan Evaluasi Kinerja



Berikut adalah contoh surat permohonan evaluasi kinerja:
Kepada Yth,
Pimpinan Perusahaan
PT. Contoh Perusahaan
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama : (isi nama karyawan)
Jabatan : (isi jabatan karyawan)
Departemen : (isi departemen karyawan)
Dalam hal ini, dengan hormat saya mengajukan permohonan evaluasi kinerja untuk periode Januari sampai dengan Juni 2023.
Saya bersyukur karena telah mencapai target kerja yang ditetapkan dan berhasil mencapai pencapaian yang diharapkan. Namun, saya juga menyadari bahwa masih terdapat kelemahan dalam bekerja yang perlu diperbaiki.
Oleh karena itu, saya mengajukan permohonan evaluasi kinerja untuk meminta masukan dan saran dari pimpinan perusahaan mengenai kinerja saya dalam periode tersebut. Saya berharap evaluasi ini dapat membantu saya untuk memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kinerja saya di masa depan.
Demikian surat permohonan evaluasi kinerja ini saya ajukan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Hormat saya,
(isi nama karyawan)


Kesimpulan



Surat permohonan evaluasi kinerja merupakan salah satu bentuk komunikasi antara karyawan dan pimpinan perusahaan. Dengan membuat surat permohonan evaluasi kinerja, karyawan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam bekerja serta memperbaiki kinerjanya di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi karyawan untuk menyiapkan data yang diperlukan dan menyusun surat permohonan evaluasi kinerja dengan baik dan benar.